Pengertian Dan Jenis Konektor Dari Usb

Monday, September 16, 2019

 merupakan hasil janji raksaksa dari industri komputer Pengertian dan Jenis Konektor dari USB

Pengertian dan Jenis Konektor dari USB - USB (Universal Serial Bus) merupakan hasil janji raksaksa dari industri komputer, antara lain perusahaan dari DEL, Compaq, IBM, Intel, Microsoft, NEC dan Northern Telecom yang selama bertahun-tahun untuk memilih standar gres yang digunakn untuk menghubungkan komputer dengan peralatan eksternal yang dinamakan sebagai Universal Serial Bus (USB). Sifat dan Kemampuan dari USB diperlukan Praktis untuk menghubungkan ke komputer alasannya tidak perlu membukapenutup komputer. 

USB merupakan abreviasi dari (Universal Serial Bus) serta dipakai sebagai media penghubung antara komputer dengan perangkat-perangkat elektronik lainnya ibarat Mouse, Keyboard, Scanner, Ponsel, Printer, Flash Drive, DVD writer, Konsol Permainan, Kamera, Modem dan bahkan dipakai sebagai media penghubung untuk mengendalikan alat-alat uji dan mesin-mesin produksi di industri. Teknologi koneksi yang ada pada USB dikembangkan pada pertengahan tahun 1990-an. Serta hasil yang di sanggup menjadi standar untuk hampir semua komputer dan ponsel serta peralatan elektronik lainnya. USB juga dijadikan standar untuk pengisian baterai pada ponsel dan beberapa perangkat elektronik lainnya yang memakai baterai sebagai seumber tenaganya.

Cara Transfer data pada USB (Universal Serial Bus)
Terdapat 4 cara transfer data pada USB yang dipakai untuk melaksanakan komunikasi dengan computer atau perangkat lainnya. Keempat cara tersebut antara lain sebagai berikut :
  • Control Transfer – merupakan jenis transfer yang dipakai untuk mentransfer warta kontrol sambil mengidentifikasi dan mengkonfigurasikan perangkat yang sudah terhubung.
  • Bulk Transfer – jenis transfer data yang satu ini merupakan jenis transfer data dalam jumlah yang cukup besar ditransferkan dan diverifikasi kebenaran datanya. Jenis transfer ini biasanya dipakai pada Printer.
  • Interrupt Transfer – Transfer data jenis ini biasanya dipakai untuk mentransmisikan data kecil secepatnya mungkin (immediate). Interrupt Transfer biasanya dipakai pada keyboard dan mouse.
  • Isochronous Transfer – Jenis transfer yang satu ini dipakai untuk pemindahan data atau streaming data secara cepat dan real time. Waktu merupakan faktor terpenting pada Isochoronous Transfer ini.
Jenis-jenis Konektor Pada USB
USB terdapat beberapa jenis konektor tergantung pada perangkat dan teknologi yang digunakan. Pada sebuah kabel USB terdapat dua buah konektor, yaitu jenis Plug (bagian yang dipasangkan dengan Komputer) dan konektor Receptacle yang digunakan pada umumnya di pasang pada peripheral yang akan dihubungkan ke perangkat Komputer. Berikut ini merupakan jenis-jenis dari konektor USB.

1. Konektor USB Tipe A (Type-A USB Connector)

 merupakan hasil janji raksaksa dari industri komputer Pengertian dan Jenis Konektor dari USB

USB Tipe A yang berbentuk persegi panjang biasanya dipasang pada bab computer, PC atau Komputer Personal. Pada dasarnya jenis kabel ini mempunyai beberapa port USB Tipe A. Perangkat-perangkat ibarat keyboard dan mouse juga sering memakai konektor USB Tipe A. Di satu sisi ada juga beberapa jenis adaptor yang dipergunakan oleh perangkat-perangkat elektronik portabel juga mempunyai port USB Tipe A untuk melaksanakan pengisian ulang baterainya. Untuk nama dari konektor USB Tipe A ini ialah USB Standard A.

2. Konektor USB Tipe B (Type-B USB Connector)

 merupakan hasil janji raksaksa dari industri komputer Pengertian dan Jenis Konektor dari USB

Nama dari konektor USB Tipe B ialah USB Standard B. Konektor USB Tipe B mempunyai bentuk bujur kandang dengan sedikit lekukan di kedua sudut atas. Jenis Konektor USB Tipe B ini biasanya dipakai pada Printer atau Scanner dan tidak sepopuler pada kabel USB Tipe-A.

3. Konektor Mini USB

 merupakan hasil janji raksaksa dari industri komputer Pengertian dan Jenis Konektor dari USB
Konektor Mini USB banyak dipakai pada perangkat ponsel atau kamera sebelum konektor Micro USB muncul dan populer. Bentuk Konektor Mini USB lebih kecil dibanding dengan Konektor USB Tipe A ataupun Konektor Tipe B. Namun saat ini konektor USB jenis ini sudah jarang dipakai pada perangkat elektronik dengan teknologi terbaru. Konektor Mini USB mempunyai 2 jenis bentuk yaitu Mini USB A dan Mini USB B.

4. Konektor Micro USB

 merupakan hasil janji raksaksa dari industri komputer Pengertian dan Jenis Konektor dari USB

Konektor Micro USB merupakan standar Konektor USB yang paling banyak dipakai di perangkat mobile dan portable ketika ini. Hampir semua produsen perangkat elektronik  mengadopsinya sebagai konektor pada perangjkat perangkat portable. Konektor Micro USB ini juga mempunyai 2 jenis bentuk yaitu Micro USB A dan Micro USB B.

5. Konektor USB Tipe C (Type-C USB Connector)
 merupakan hasil janji raksaksa dari industri komputer Pengertian dan Jenis Konektor dari USB
Konektor USB Tipe C merupakan jenis Konektor USB yang bias dipasangkan terbalik atau dalam bahasa Inggris disebut dengan “reversible”. Saat ini sudah banyak Smartphone, Tablet PC dan Laptop yang memakai Konektor USB Tipe C.


 ***