Cara Kalibrasi Baterai Dan Layar Semua Hp Realme Tanpa Aplikasi

Tuesday, June 2, 2015

Cara Kalibrasi Baterai HP Realme - Seperti yang sudah ShukanBunshun.com bahas sebelumnya pada artikel keluhan pengguna Oppo Realme U1 terdapat poin penting yakni permasalahan umum sektor baterai sering terjadi di Smartphone tersebut.

Namun postingan ini berlaku untuk semua HP se-merek yang dirilis serta bergaransi resmi di Indonesia menyerupai Realme C1, Realme 2 / 2 Pro, hingga seri teranyar Realme U1.

Khusus duduk masalah Realme 2 Pro pengguna yang update ke firmware pembaruan edisi Desember 2018 mengalami baterai boros (cepat habis) dan panas berlebih (overheat).

 terdapat poin penting yakni permasalahan umum sektor baterai sering terjadi di Smartphone Cara Kalibrasi Baterai dan Layar Semua HP Realme Tanpa Aplikasi

Hal ini diduga ada sistem bug yang menyebabkan aplikasi tetap berjalan di latar berlakang (background apps) walau pun sudah ditutup, mereka terpaksa "Force Stop" aplikasi tersebut semoga tidak menguras konsumsi daya baterai.

Belum ada gosip lanjutan dari Realme terkait solusi yang akan diberikan.

Namun sepertinya pengguna harus menunggu lebih usang pembaruan piranti lunak berikutnya.

Tips: Tidak disarankan mainin HP nya dalam suhu di atas 39°C, untuk mengecek suhu tekan dial.*#*#4636#*#* > pilih Informasi Baterai (Battery Status).

Manfaat Kalibrasi 

Mengapa Anda harus dan wajib melaksanakan kalibrasi baterai?

Sebenarnya tidak diwajibkan, sebab proses kalibrasi dilakukan hanya apabila terdapat duduk masalah pada baterai, itu pun statusnya cuma pinjaman pertama.

Jika Anda merasa sudah tidak beres nih baterainya, ada ciri-ciri atau tanda-tanda lebih cepat panas dan gampang habis dari biasanya saat awal pembelian maka disarankan lakukan kalibrasi.

Upaya pencegahan memang lebih baik.

Kenapa?

Sebab baterai itu salah satu komponen paling kuat pada sebuah Smartphone, kalau kerusakannya parah akan berimbas ke komponen lain pada hardware / motherboard ponsel.

Begitu pula dengan layar, apabila Touchscreen bermasalah pribadi kalibrasi layar Realme segera demi menghindari terjadinya kerusakan berlanjut.

Sepengalaman saya memakai HP Samsung Galaxy J7 Prime tahun kemudian mengalami kejadian serupa.

Layar sentuh awalnya tidak responsif saya biarkan dan pakai terus menerus jadinya malah jadi tidak sanggup disentuh lagi.

Selain itu fungsi serta kegunaan Kalibrasi Baterai dan Layar di Smartphone Realme sanggup menyegarkan kembali komponen yang dinilai mengalami masalah.

Cara Kalibrasi Baterai dan Layar Semua HP Realme

Pada metode auto ini kita mengandalkan dial number (nomor rahasia) pada kode tersembunyi Realme dan yang biasanya ada di setiap HP berbasis sistem operasional Android.

Berikut Cara Kalibrasi Baterai Semua HP Realme

  • Masuk ke hidangan Telepon / Phone. 
  • Tekan *#0227# otomatis dialihkan ke jendela munculan terbaru. 
  • Pilih opsi Quick Star. 
  • Kemudian layar akan padam sejenak, tidak usah panik. Memang prosesnya begitu. 
  • Diamkan beberapa menit, apabila selesai bakal ditandai dengan kembali menyalanya layar ponsel. 
  • Setelah menyala, diamkan dulu 1-2 menit. Lalu restart / reboot HP. 
  • Proses kalibrasi selesai dilakukan. 
Cara pertama tadi itu otomatis, kalau mau kalibrasi Realme secara manual sanggup ikuti tutorial atau langkah-langkah berikut:

• Isi ulang baterai HP Realme dalam kondisi menyala dengan Mode Pesawat aktif.

• Charging hingga penuh 100% full.

• Ketika sudah penuh, nonaktifkan ponsel Realme dengan menekan tombol Power beberapa detik pilih "Turn Off / Matikan Daya".

• Colok lagi kabel casan dan cas lagi hingga benar-benar penuh (Perhatikan lampu indikator LED Notifikasi).

• Setelah penuh, nyalakan kembali Smartphone Anda dan gunakan menyerupai biasa misal nonton video YouTube, streaming film, browsing, chatting media sosial, hingga baterai habis dan HP mati otomatis.

• Saat baterai mulai habis, biarkan hingga padam. Diamkan 10 menitan.

• Terakhir charge kembali ponsel hingga benar-benar penuh.

Pada tahap selesai selama proses pengisian baterai berlangsung sebaiknya jangan dinyalakan pokoknya hingga benar-benar penuh 100%. Kalau dirasa sudah terlalu parah dan harus ganti baterai coba Baca panduannya: Cara Buka Casing Belakang Realme C1 dan Ganti Baterai.

Dua metode utama tadi kami rasa sudah cukup. Sebenarnya ada cara alternatif lagi yakni memanfaatkan aplikasi Battery Calibration tapi kini tidak direkomendasikan sesudah diselidiki banyak forum antivirus.

Demikian turorial singkat perihal Cara Kalibrasi Baterai dan Layar Semua HP Realme sanggup diterapkan juga di Smartphone Asus, Honor, Oppo, Vivo, Advan, Wiko, Infinix, Sony, Huawei, Lenovo, Xiaomi, Nokia Android.