Cara Memindahkan Telegram Ke Hp Gres Dengan Nomor Lama

Wednesday, April 8, 2015

Baru ganti HP ya? Beli ponsel gres tapi nggak mau isi chatting hilang? Sebelumnya kami sudah bahas tutorial mengimpor data pada Telegram dari satu HP ke Smartphone lainnya, namun itu tahun 2016 dan risiko kehilangan isi pesan (Chat) juga lebih besar sama menyerupai WhatsApp (WA).

Tapi kini ada cara gres dari memindahkan semua nomor kontak, pesan, dan data-data lain pada akun Telegram tanpa harus kehilangan sedikitpun chatting yang telah Anda buat.

Seluruh database Telegram yang sudah disimpan dulunya sanggup diambil atau diunduh kembali baik melalui memori internal pada penyimpanan ponsel atau lewat layanan pihak ketiga menyerupai Google Drive.

 Beli ponsel gres tapi nggak mau isi chatting hilang Cara Memindahkan Telegram ke HP Baru dengan Nomor Lama

Jika Anda belum pernah memakai platform Drive pada perangkat untuk mencadangkan data Telegram, ada kesempatan impor semua isinya ketika punya perangkat gres tanpa ganti nomor (pakai no hp usang yang sama), serta tanpa verifikasi.

Misalnya mau ganti HP, tapi semua nomor kontak, profil, foto, dan media-media lain termasuk isi pesan chattingan Telegram tidak hilang ketika dipindahkan ke ponsel gres (Import). Gitu kan maksudnya?

Ada syaratnya cuma satu: Harus pakai nomor sama yang Anda gunakan di HP lama.

Untuk mengembalikan menyerupai semula, Anda wajib pakai SIM Card lawas pada Smartphone lama. Silakan cabut dari posisinya, pindahkan ke slot kartu pada perangkat yang baru.

Metode restore yang akan kita praktikan kali ini merupakan pengembalian database Telegram hasil backup melalui Google Drive yang notabene dilakukan otomatis oleh Telegram serta menyimpannya ke internal storage.

Ini sangat berkhasiat ketika pengguna berganti HP, atau Telegram sedang bermasalah sebagai upaya pencegahan kehilangan data. Sebagai catatan tips berikut cuma buat Android OS, belum ada cara buat iOS. Baca juga: Menggunakan Stiker Telegram di WhatsApp.

Cara Memindahkan Telegram ke HP Lain 

Sebelum melakukannya, silakan masukkan kartu microSD card atau memori eksternal ke HP usang yang ada Telegramnya. Dengan maksud biar sanggup menampung database hasil backup yang ada di penyimpanan internal ponsel lawas.

Langkah 1 : Dari Homescreen, pilih aplikasi File Manager. Kami menyarankan ES Explorer Pro gratis install caranya Googling aja banyak.

Langkah 2  : Kemudian masuk ke penyimpanan perangkat Android (Internal Memory).

Langkah 3  : Carilah folder dengan nama Telegram atau sejenisnya. Dan di dalamnya bakalan ada folder lagi ialah "Database" serta "Media".

Langkah 4 : Silakan salin atau Copy kedua folder tersebut. Fungsinya tidak mengecewakan lengkap untuk mengekspor data berupa berkas chat / pesan, foto, video, audio, stiker, gambar profil Anda dan orang lain.

Langkah 5  : Pindahkan folder yang sudah disalin tadi dan tempelkan (Paste) ke Memori Card eksternal, taruh di mana saja sesuai selera beri nama khusus biar tidak lupa lokasi penempatannya.

Langkah 6  : Setelah final Copy folder dan file ke SD Card, Anda boleh menghapus, menonaktifkan atau berhentikan paksa aplikasi Telegram di HP lama. Tapi saran kami biarkan saja.

Langkah 7  : Nonaktifkan perangkat lama, dan cabut kartu memori eksternal beserta SIM Card. Masukkan ke HP Android lain yang Anda mau gunakan buat main Telegram.

Langkah 8  : Pada HP baru, buka lah aplikasi pengelola berkas atau File Manager. Pilih External Memory, cari dua folder Telegram yang telah Anda salin pada langkah ke-4 & 5.

Langkah 9  : Pindahkan atau impor file yang telah di-copy ke memori internal. Pastikan semua folder telah dipindah, ganti nama foldernya ke "Telegram" (tanpa tanda kutip).

Langkah 10  : Lalu install Telegram dari Google Play Store (official app), masukkan data-data menyerupai biasa.

Langkah 11  : Buka aplikasi Telegram, Anda akan dimintai data apakah mau login atau daftar baru. Silakan pilih Masuk dan input nomor HP yang sama pada akun Telegram di perangkat lama, kemudian verifikasi.

Langkah 12  : Akan tampil opsi Restore (Kembalikan), klik Lanjutkan, Telegram akan otomatis mendeteksi folder pada internal storage dengan nama "Telegram" tadi.

Tunggu hingga prosesnya kelar, berapa usang durasinya tergantung seberapa banyak data akun Telegram yang dicadangkan (backup) dari Smartphone sebelumnya. Baca juga: Cara Mengetahui Telegram Disadap.

Setelah progres impornya selesai, Anda mempunyai opsi apakah mau memindahkan seluruh data, atau cuma foto, teks / pesan. Jika ingin mengembalikan isi chatting cukup pilih folder "Database" dan jangan menentukan folder "Media".

Folder Media berisi sekumpulan foto, stiker, gambar profil, audio, dokumen dan video. Sementara pada Database lebih banyak didominasi kontennya berupa teks isi pesan Telegram. Cara Memindahkan Telegram ke HP Lain dengan nomor yang sama Tanpa Kehilangan Chat memang tidak begitu sulit jika dilakukan teliti.