6 Jenis Internet Marketing - Panduan Pemula (Dijelaskan)

Thursday, July 9, 2015

 Apakah hari ini kau ingin berguru perihal Internet Marketing 6 Jenis Internet Marketing - Panduan Pemula (Dijelaskan)

Apakah hari ini kau ingin berguru perihal Internet Marketing? Internet memang telah mengambil alih perhatian semua orang.
Saat ini, internet dipakai untuk hampir semua hal - komunikasi, pembelajaran, hiburan, dan banyak lagi.

Plus, semakin banyak orang online setiap hari.

Bahkan, ketika ini ada 4,05 miliar pengguna internet di seluruh dunia - dan jumlah ini meningkat setiap detik.

Ini menyajikan peluang yang luar biasa.

Marketer atau pemasar selalu sanggup terhubung dengan orang-orang untuk mempromosikan produk dan layanan mereka - dan internet yaitu salah satu daerah yang tepat untuk melaksanakan hal itu.

Dalam artikel ini, kau akan mempelajari kiat perihal enam jenis Internet Marketing sehingga kau sanggup mulai menggunakannya untuk mencapai kesuksesan bisnis.

Mari kita mulai.

Apa itu Internet Marketing ?

 Apakah hari ini kau ingin berguru perihal Internet Marketing 6 Jenis Internet Marketing - Panduan Pemula (Dijelaskan)

Internet Marketing (juga dikenal sebagai Online marketing , Digital Marketing , dan lainnya) ini yaitu istilah menyeluruh yang dipakai untuk menggambarkan acara marketing yang dilakukan secara online.

Untuk alasan ini, Internet Marketing meliputi banyak sekali seni administrasi dan taktik, ibarat sosial media marketing , Content marketing, dan pengoptimalan mesin telusur.

6. Jenis Internet Marketing

Ada enam jenis utama internet marketing :

  • Social media marketing
  • Affiliate marketing
  • Email marketing
  • Content marketing
  • Search engine optimization (SEO)
  • Paid advertising (Iklan Berbayar)

Masing-masing dari 6 jenis pemasaran internet ini meliputi banyak seni administrasi dan taktik yang berbeda. Plus, jenis-jenis pemasaran internet saling melengkapi dan sering dipakai bersama.

Mari jelajahi banyak sekali jenis pemasaran internet untuk memahami cara kerja mereka secara individu dan bersama.

Saya akan menjelaskan masing-masing poin diatas lebih detail dibawah ini.

1. Sosial Media Marketing

 Apakah hari ini kau ingin berguru perihal Internet Marketing 6 Jenis Internet Marketing - Panduan Pemula (Dijelaskan)

Sosial Media Marketing atau Pemasaran media umum yaitu proses memperoleh perhatian dan penjualan melalui penggunaan platform media umum ibarat Facebook, Instagram, atau Twitter.

Sekarang, pemasaran media umum sanggup dibagi menjadi dua kubu: organik (gratis) atau berbayar.

Pemasaran media umum organik berfokus pada membangun komunitas dan memperdalam korelasi dengan konsumen dalam upaya untuk mendorong minat dan kesetiaan pelanggan.

Ada banyak cara untuk melaksanakan ini - mari kita lihat beberapa dibawah ini.

Pertama, kau sanggup memposisikan produk kau sebagai otoritas di niche kamu. Cara gampang untuk melaksanakan ini yaitu dengan melibatkan orang lain dan menyumbangkan wawasan berharga untuk percakapan. Periksa juga, cara meningkatkan otoritas domai/ domain Authoritiy (DA).

Cara lain untuk menumbuhkan kesetiaan yaitu secara konsisten menerangkan betapa kau menghargai pelanggan dan komunitas kamu.

Aspek penting lainnya dari Sosial Media Marketing yaitu memanfaatkan kekuatan korelasi pelanggan.

Segera membalas pertanyaan pelanggan di media umum menampilkan keaslian produk kamu, dan akan menginspirasi orang lain untuk mempercayai produk atau layanan kamu.

Terlebih lagi, Sosial Media Marketing terkait erat dengan Content Marketing (yang akan saya bahas selanjutnya).

Ini alasannya platform media umum yaitu daerah yang tepat untuk mempromosikan konten yang berharga ke komunitas dan niche kamu.

Oke tapi bagaimana dengan iklan di media sosial?

Ada banyak cara untuk memakai Sosial media marketing berbayar untuk mempromosikan bisnis kamu, dan masing-masing platform mempunyai serangkaian opsi promosi berbayar sendiri.

Kamu sanggup membayar untuk mempromosikan pos organik kau yang ada atau membuat iklan Facebook khusus yang diadaptasi dengan tujuan marketing kamu.

Sebagian besar Sosial Media Marketing berbayar juga disebut sebagai “bayar per klik” (yang akan saya bahas lebih detail di bawah).

2. Search Engine Optimization (SEO)

 Apakah hari ini kau ingin berguru perihal Internet Marketing 6 Jenis Internet Marketing - Panduan Pemula (Dijelaskan)

Optimisasi mesin pencari - juga dikenal sebagai SEO - yaitu proses mengoptimalkan situs web dan konten digital untuk meningkatkan peringkat mesin pencari, yang pada gilirannya, memaksimalkan jumlah pengunjung ke halaman web tertentu.

Dengan kata lain, katakanlah kau ingin situs web perabot kantor kau muncul di bab atas hasil pencarian Google setiap kali seseorang mencari "perabot kantor di Jakarta ." Nah, proses yang akan kau gunakan untuk mewujudkannya yaitu SEO.

Perlu diperhatikan bahwa hari ini ketika saya berbicara perihal SEO, saya hampir secara langsung merujuk ke Google (kecuali kau tinggal di China dan memakai mesin pencari Baidu).

Mengapa?

Karena Google tidak diragukan lagi mesin pencari paling terkenal di dunia - memakan pangsa pasar sebesar 79,77%.

Jadi bagaimana cara kerja SEO?

Mesin pencari memakai sesuatu yang disebut "crawler bots" untuk menjelajah internet dan membangun indeks konten yang tersedia secara online.

Kemudian, setiap kali seseorang mencari kata kunci, mesin pencari akan mencoba menyampaikan hasil yang paling berkhasiat dan relevan.

Sekarang ada dua sisi untuk SEO: On-page dan off-page.

Apa itu SEO On-Page?

SEO On-page yaitu ketika kau mengoptimalkan situs web atau konten untuk peringkat lebih tinggi di mesin pencari untuk kata kunci atau frasa yang ditargetkan.

Contoh-contoh SEO On-page :

  • Meningkatkan kecepatan situs web.
  • Memiliki desain web yang responsif dan dioptimalkan untuk seluler Termasuk kata kunci bertarget.
  • Menata konten dengan tag judul
  • Mengoptimalkan untuk cuplikan unggulan Google
  • Menggunakan markup data terstruktur termasuk tautan internal ke halaman lain di situs web kamu.
  • Menambahkan tautan jelajah ke situs web lain yang relevan
Karena alasan ini, SEO sangat terkait dengan Content marketing - saya akan menjelaskan ini lebih lanjut di bawah.

Apa itu SEO Off-Page?

SEO Off-page yaitu ketika kau mengoptimalkan situs web atau konten kau untuk tampil lebih tinggi dalam hasil pencarian melalui metode di luar situs web atau konten kamu.

Ini termasuk sinyal eksternal ibarat kehadiran media umum kamu.

Namun, yang terbesar adalah
Bagian paling besar lengan berkuasa dari SEO off-page yaitu backlink. Ini yaitu ketika situs web lain menautkan ke situs web atau konten kamu.

Alasan di balik backlink itu sederhana.

Jika banyak situs web tertaut ke situs web kamu, Google akan menganggap kau mempunyai konten yang berharga dan relevan.

Mesin pencari juga memperhitungkan otoritas situs web yang menautkan ke kamu. Misalnya, satu tautan dari situs web resmi ibarat New York Times akan lebih efektif daripada 100 tautan dari situs web yang tidak dikenal.

Cara andal untuk menghasilkan backlink dari situs web yang berwenang yaitu untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi yang ingin dibagikan oleh orang lain.

Atau, kau sanggup membuat konten khusus untuk situs web lain - ini disebut "guest blogging."

3. Content Marketing

 Apakah hari ini kau ingin berguru perihal Internet Marketing 6 Jenis Internet Marketing - Panduan Pemula (Dijelaskan)

Content Marketing atau pemasaran konten yaitu proses menciptakan, mendistribusikan, dan mempromosikan bahan online yang relevan secara konsisten dengan cara yang dirancang secara strategis untuk menarik, melibatkan, dan mengonversi sasaran pasar kau menjadi pelanggan.

Ada banyak bentuk konten yang dipakai bisnis untuk melaksanakan ini, seperti:

  • Posting blog
  • Video (yang sering dibagikan ke platform media umum ibarat Facebook dan YouTube)
  • Laporan dan studi industri
  • Infografis merangkum laporan dan studi
  • Ebooks
  • Podcast
  • Studi kasus
  • Email
  • Webinar
  • Artikel yang kau baca ini yaitu Content Marketing!

Content Marketing bekerja sama dengan banyak jenis internet marketing lainnya - terutama sosial media marketing dan SEO.

Seperti yang kita lihat di atas, media umum yaitu salah satu saluran utama yang dipakai untuk mendistribusikan dan mempromosikan konten.

Sekarang, mari kita lihat lebih erat bagaimana Content marketing terkait dengan SEO.

Konten yang dioptimalkan untuk mesin pencari yaitu salah satu cara terbaik untuk mendapatkan merek atau produk kau lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari (SERPs).

Sebagai contoh, saya baru-baru ini menulis posting blog berjudul, blog keren dan asik dibaca (2018) memakai praktik terbaik SEO untuk mengoptimalkannya untuk kata kunci, “Rekomendasi blog.”

Dan ketika ini, setiap kali seseorang menelusuri kata kunci itu di Google, artikel saya yaitu hasil teratas:

Idealnya, kebanyakan orang yang menelusuri "Rekomendasi blog" akan mengeklik artikel saya dan memperoleh banyak nilai darinya. Kemudian, mereka sanggup menjelajahi beberapa konten andal lain yang ditawarkan.

Kunci Content marketing yaitu perihal memberi sebelum kau mendapatkannya.

4. Afiliasi Marketing

 Apakah hari ini kau ingin berguru perihal Internet Marketing 6 Jenis Internet Marketing - Panduan Pemula (Dijelaskan)

Afiliasi Marketing intinya hanya pemasaran rujukan online.

Sebuah bisnis akan menyiapkan acara yang membayar komisi ke situs web eksternal atau individu untuk kemudian lintas atau penjualan yang mereka hasilkan.

Hal ini memungkinkan pemasar internet dan pemberi efek untuk menghasilkan uang dengan mempromosikan produk atau layanan bisnis lain.

Mari kita lihat contoh.

Situs web host dan registrar domain Bluehost mempunyai acara pemasaran afiliasi terkenal yang memungkinkan influencer dan pemasar internet menghasilkan uang dengan mempromosikan layanan mereka.

 Apakah hari ini kau ingin berguru perihal Internet Marketing 6 Jenis Internet Marketing - Panduan Pemula (Dijelaskan)

Blog populer, WPBeginner, mempromosikan tautan afiliasi Bluehost mereka di artikel mereka.

Setiap kali salah satu pembacanya mengklik tautan dan mendaftar, Bluehost memberi WPBeginner sejumlah uang dari itu.

Keren, kan?

Afiliasi Marketing sangat terkait dengan Sosial media Marketing dan Content Marketing. Ini alasannya sebagian besar tautan afiliasi dipromosikan dalam konten atau di media umum oleh influencer.

5. Email Marketing

 Apakah hari ini kau ingin berguru perihal Internet Marketing 6 Jenis Internet Marketing - Panduan Pemula (Dijelaskan)

Email Marketing atau Pemasaran email yaitu proses memakai email untuk mengirim pesan pemasaran langsung kepada orang-orang dalam upaya untuk mendapatkan pelanggan gres dan mempertahankan yang sudah ada.

Meskipun pemasaran email mungkin tidak tampak ibarat bentuk pemasaran internet yang paling populer, namun jangan meremehkan kekuatannya

Mengapa?

Pemasaran email mempunyai pengembalian median atas investasi sebesar 122 persen - lebih dari empat kali lebih tinggi daripada jenis pemasaran internet lainnya ibarat media umum dan penelusuran berbayar.

Oke, jadi bagaimana cara kerja Email Marketing?

Nah, sebelum kau sanggup memulai pemasaran email, kau harus mendapatkan beberapa alamat email!

Untuk alasan ini, pemasaran email hampir selalu bekerja dalam kemitraan dengan jenis pemasaran internet lainnya ibarat pemasaran media umum dan pemasaran konten. Bahkan, lihat saja sisi bawah halaman ini, kau akan melihat kotak yang mengundang kau untuk berlangganan newsletter saya.

Kampanye pemasaran email akan sering dimulai dengan sesuatu yang disebut "magnet utama" - yang merupakan cara glamor untuk menyampaikan "umpan."

Umpan biasanya berupa kupon diskon atau konten yang sangat diinginkan, ibarat sebuah ebook.

Shwood menyampaikan diskon 10% kepada pengunjung dari pembelian pertama mereka bila mereka mendaftar:

Penawaran Magnet Utama

Sekarang, inilah saatnya kesenangan dimulai.

Setelah menangkap alamat email, kau sanggup mulai membina pelanggan email kau dengan konten yang bermanfaat, hadiah, diskon, kanal awal ke produk baru, dan banyak lagi.

Kamu juga sanggup meningkatkan penjualan memakai segmentasi email.

Ini yaitu ketika kau membuat grup pelanggan terpisah (disebut "segmen") menurut preferensi pribadi mereka dan tahap apa yang dilakukan setiap pelanggan dalam perjalanan pembeli.

Kemudian, kau sanggup membuat kampanye email otomatis untuk setiap segmen. Periksa, mengapa kau harus membuat daftar email kini juga.

6. Paid advertising (Iklan Berbayar)

 Apakah hari ini kau ingin berguru perihal Internet Marketing 6 Jenis Internet Marketing - Panduan Pemula (Dijelaskan)

Iklan berbayar yaitu bentuk internet marketing di mana pengiklan membayar untuk menampilkan iklan mereka di mesin pencari dan platform online lainnya, ibarat Facebook, YouTube, LinkedIn, dan Instagram.

Sekarang, iklan berbayar sering disebut sebagai "bayar per klik" atau "PPC" - ini berarti bahwa pengiklan akan membayar biaya setiap kali pengguna mengklik salah satu iklan mereka.

Tetapi ada lebih banyak iklan berbayar daripada PPC.

Banyak platform kini menagih pengiklan dengan cara yang berbeda tergantung pada tujuan pemasarannya, seperti:

  • Biaya per seribu tayangan (juga dikenal sebagai "biaya per mille" atau "BPS"). Ini berarti kau akan ditagih setiap kali iklan kau dilihat 1.000 kali.
  • Biaya per tayang (CPV). Ini berarti kau akan ditagih untuk setiap tampilan yang diterima video kamu.
  • Biaya per tindakan (BPA) (juga dikenal sebagai biaya per akuisisi). Ini berarti kau akan ditagih setiap kali pengguna mengambil tindakan tertentu atau mengonversinya menjadi pelanggan.

Dua platform iklan digital terbesar yaitu Google dan Facebook. Di antara mereka, mereka mendapatkan sebagian besar belanja iklan digital.

Mari kita lihat masing-masing.

Iklan Berbayar di Google


Untuk beriklan di Google, kau harus mengajukan proposal pada istilah kata kunci yang kau inginkan untuk menampilkan iklan kamu.

Misalnya, ketika memakai Google Adwords, kau sanggup mengajukan proposal biar iklan kau ditampilkan untuk kata kunci "Kursus Online".

Kemudian, bila kau memenangkan tawaran, setiap kali seseorang menelusuri "Kursus Online" di Google, mereka akan melihat iklan kau dalam hasil pencarian.

Iklan berbayar di mesin telusur ibarat Google sering disebut sebagai "pemasaran mesin telusur," atau "SEM."

Salah satu manfaat utama untuk SEM yaitu bahwa penelusur biasanya mempunyai niat pembeli tingkat tinggi. Pikirkanlah, bila seseorang menelusuri "Kursus Online", kemungkinan besar mereka tertarik untuk memakai jasa kamu!

Iklan Berbayar di Facebook

Facebook memungkinkan kau untuk menampilkan iklan ke audiens yang di sasaran dan yang disempurnakan.

Kamu sanggup memilih audiens sasaran kau menurut demografi, minat, perilaku, dan banyak lagi.

Penargetan Iklan Facebook

Kamu sanggup menelusuri untuk memilih pelanggan tepat kamu, dan kemudian gunakan iklan Facebook untuk menjangkau mereka.

Ada juga sesuatu yang disebut "penargetan ulang" (juga dikenal sebagai pemasaran ulang).

Pernahkah kau mengikuti web dengan iklan? Jika kau ibarat kebanyakan orang, kau menyidik sepasang sepatu baru, dan kemudian ke mana pun kau online, kau melihat iklan yang mempromosikan sepatu itu.

Ini mengintai penargetan ulang dalam aksi:

Pilihan periklanan online juga mempunyai fitur pelacakan yang sangat canggih. Setelah menempatkan iklan, kau sanggup melacak setiap tampilan, seperti, komentar, klik, dan konversi yang diterimanya.

Apa Selanjutnya

Semakin banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu online mereka, dan semua yang kau butuhkan untuk menjangkau mereka yaitu koneksi internet dan smartphone atau laptop.

Karena, tidak ibarat periklanan tradisional, banyak bentuk pemasaran internet - ibarat pemasaran media sosial, pemasaran konten, atau SEO - sanggup dilakukan secara gratis.

Tidak perlu biaya apa pun untuk berguru internet marketing, dengan banyak sekali sumber daya yang tersedia online secara gratis.

Plus, setiap jenis pemasaran internet biasanya berfungsi paling baik ketika dipakai bersama orang lain.

Jenis Internet Marketing mana yang ingin kau mulai gunakan? Dan Mengapa? Beri tahu saya di komentar bawah ini!

Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat, Tutorial SEO untuk Pemula: